KEWIRAUSAHAAN
PROPOSAL USAHA
MELOBITGLOSS
Oleh :
Christina Dwi .A
Wanda Sruni
SMK FARMASI HARAPAN MASSA
LEMBAR
PENGESAHAN
Nama
Anggota :
1.Christina
Dwi A
2.
Wanda Sruni
Kelas
: XII-1
Proposal
Usaha :
“MELOBITGLOSS”
Menyetujui,
Kepala
SMKF Harmas Guru Mata Diklat KWH
Hartati
S.Si.,Apt Erwin Idris M.A, A.Md
BAB
I
PENDAHULUAN
Bisnis
adalah suatu kegiatan usaha individu yang terorganisasi untuk menghasilkan dan menjual
barang dan jasa guna mendapatkan keuntungan dalam memenuhi dan memuaskan
kebutuhan dari masyarakat. Bisnis merupakan seluruh kegiatan yang
diorganisasikan oleh orang-orang yang berkecimpung dalam bidang perniagaan
dan industri yang menyediakan barang dan jasa untuk mempertahankan dan
memperbaiki standar serta kualitas hidup mereka. Peranan bisnis sangatlah
penting dalam kehidupan masyarakat, karena melalui kegiatan bisnis suatu
perusahaan akan dapat memenuhi setiap kebutuhan (needs), keinginan(wants) dari
masyarakat konsumen yang beraneka ragam, sehingga konsumen merasaterpuaskan
(customer satisfactions).
Dewasa ini, dunia bisnis adalah hal yang
paling populer di semua kalangan. Baik dari kalangan dewasa, remaja maupun dari
kalangan anak-anak. Apalagi sebagian anak muda sudah mengerti dan memahami
berbagai ilmu berbisnis serta strategi dalam dunia bisnis dan tidak sedikit
yang terjun langsung untuk mencobanya, khususnya mereka yang memiliki optimisme
tinggi, mempunyai kreatifitas tinggi, berwawasan luas, dan berani menanggung
resiko, alhasil mereka telah meraih kesuksesan di usia mudanya.
A. Latar
Belakang
Melihat
kondisi cuaca saat ini yang mudah berubah – ubah yang menyebabkan terjadinya
iritasi pada bibir dikarenakan cuaca panas yang ekstrim. Maka, kami terpikirkan
untuk membuat suatu produk sederhana yaitu oles bibir yang biasa disebut dengan
LIPGLOSS. Kami berfikir bahwa LIPGLOSS merupakan produk favorit baik bagi semua
kalangan wanita, cara pembuatannya tidak sulit dan bahan-bahannya pun mudah
didapatkan.
Inilah
yang melatarbelakangi kami memilih dengan Brand “MELOBITGLOSS” berupa
pelembab bibir dengan warna alami dan menjaga kesehatan bibir. Tanpa efek
samping.
B. Tujuan
1. Merintis
dan membangun usaha dalam rangka membuka lapangan pekerjaan bagi para generasi
muda
2. Mengembangkan
potensi kemampuan pemilik dalam berwirausaha
3. Menciptakan
produk yang tidak beresiko tinggi terutama bagi kulit.
4. Membantu
pemerintah dalam menciptakan lapangan kerja.
5. Melindungi
dan menjaga kesehatan bibir dari cuaca ekstrim
C. Sasaran
Masyarakat umum, anak – anak dan khususnya remaja dewasa
D. Alasan
1.
Usaha ini cukup memiliki prospek yang
baik.
2.
Pembuatannya cukup mudah.
3.
Daya beli masyarakat cukup tinggi
4.
Banyak terdapat sekolah dan kampus
5.
Trend remaja memakai pelembab bibir
untuk menghindari bibir pecah - pecah
6.
Cuaca yang ekstrim membuat bibir mudah
teriritasi
BAB II
MARKETING PLAN
A.
SEGMENTATION
(SEGMENTASI PASAR)
Menurut segmentasi
konsumen kami pada LIPGLOSS “MELOBITGLOSS” bisa dibagi menjadi dua bagian,
yaitu :
1. Menurut
golongan ekonomi :
J
Kalangan ekonomi atas
J Kalangan ekonomi menengah
J Kalangan ekonomi bawah
J Kalangan ekonomi menengah
J Kalangan ekonomi bawah
2. Menurut
golongan usia :
J
Anak – anak (6 tahun s/d 12 tahun)
J
Remaja (12 tahun s/d 17 tahun)
J
Dewasa (17 tahun s/d keatas)
B.
TARGETING
(TARGET PASAR)
Sedangkan target
yang ingin kami capai dalam pemasaran LIPGLOSS “MELOBITGLOSS” terdiri
dari :
1. Dari
Segi Konsumen
Target kami adalah kalangan masyarakat,
pelajar dan mahasiswa.
2.
Dari Segi Omzet perhari dan perbulan
20
roll x @Rp. 7.000.- = Rp. 140.000.-
Rp.
140.000 x 30 hari = Rp. 3.000.000.-
3.
Dari segi tempat
Target tempat pemasaran kami adalah
difasilitas umum seperti :
Sekolah, Kampus, Statiun, Terminal,
Pasar, di alfamart, indomart, online dan lain-lain.
C.
POSITION
(POSISI PASAR)
Keberadaan dari
produk ini sangat baik untuk wanita dan bisa
diterima dikalangan masyarakat khususnya dari mulai remaja wanita dan orang
dewasa, maka dari itu kami membuat Tagline
usaha kami :
“Senyum
sehat dan indah.. senyumnya.. MELOBITGLOSS”
BAB
III
MARKETING
MIX
1.
PRODUCT
(PRODUK)
a. Nama Produk :
LIPGLOSS “MELOBITGLOSS”
Merupakan
kegiatan usaha dibidang kosmetik dan merupakan produk pelembab bibir yang
terbuat dari bahan-bahan sederhana dan tidak beresiko tinggi.
b.
Bahan yang di butuhkan :
·
Paraffin Liquidum
·
Oleum Ricini
·
Oleum Menthae Piperitae
·
Ekstrak Buah Bit
·
Ekstrak Aloe Vera
·
Mel Depuratum
2. PRICE (HARGA)
LIPGLOSS “MELOBITGLOSS” menetapkan harga jual yang sesuai dengan
kantong semua kalangan konsumen dengan harga Rp. 5.000.- per-roll yang
berdasarkan perhitungan yang telah ditetapkan.
Dengan harga yang relatif murah
tersebut konsumen mendapatkan kepuasan dari produk yang berkualitas tersebut.
DASAR PENETAPAN HARGA (Kapasitas
Produksi 20 roll/hari)
Biaya Produksi :
a. BIAYA
VARIABEL
- Paraffin Liquidum Rp. 3.000
- Oleum Menthae Piperitae Rp. 1.680
- Buah Bit Rp. 512
- Aloe Vera Rp. 1.666
- Mel Depuratum Rp. 3.995
Rp. 10.853
b. BIAYA
PENDUKUNG
- Gas 3 Kg (Rp. 15.000.- : 30) Rp. 500
- Botol Roll Rp. 40.000
- Label Rp. 500
Rp. 41.000
c. BIAYA
OVER HEAD
-
Gaji Karyawan Rp. 500.000.- : 30 Rp. 17.000
-
Listrik Rp. 100.000.- : 30 Rp. 3.000.+
Rp.
20.000
+
TOTAL BIAYA Rp. 71.853
DASAR
PENETAPAN HARGA (Kapasitas Produksi 20roll/hari)
Total Biaya Rp.
71.853 ,-
Hasil Pokok Produksi = Total Biaya : Kapasitas Produksi
=
Rp. 71.853 : 20 roll
=
Rp 3.593
Harga Pokok Penjualan = HP Produksi +
Laba 50% = Rp. 3.593
+ Rp. 1.796 =
Rp. 5.362 dibulatkan menjadi Rp. 6.000/tube
PROFIT MARGIN : Hp Produksi x 100%
Hasil
Penjualan
: 59,8 %
3. PLACE (TEMPAT)
Lokasi
usaha LIPGLOSS “MELOBITGLOSS” tepatnya di Jalan H. Asmawi Raya
No. 9 Depok dipilih berdasarkan pertimbangan yaitu konsumen yang setiap harinya
melintas di jalan tersebut berganti-ganti dan dapat dipasarkan di Sekolah
SMK-SMK di Kota Depok serta di Alfamart, Indomart, Bazzar terdekat.
4. PROMOTION (PROMOSI)
Untuk
langkah promosi kami lakukan di jejaring sosial seperti facebook, twitter,
Internet dan lain-lain. Kami juga melakukan promosi dengan menggunakan Banner
yang ditempatkan pada toko usaha dan promosi Mulut Lewat Mulut (MLM).
1. Masukan
paraffin liquid + Aloe Vera gerus ad homogen
2. Tambah
mel depuratum gerus ad homogen
3. Kemudian
tambah ekstrak buah bit + oleum menthae piperitae gerus ad homogen
4. Kemas
dan beri label .
BAB
IV
ANALISIS
SWOT
A. Kekuatan
– kelemahan
1. Kekuatam
:
Memberikan kesan warna yang alami
tanpa menggunakan bahan pewarna sintetik yang berbahaya bagi kesehatan bibir
dan mengandung bahan – bahan herbal penunjang lainnya yang dapat menjaga
kesehatan bibir di cuaca ekstrim seperti ini.
2. Kelemahan :
Harga bahan herbalnya masih
terbilang mahal.
B. Peluang
– ancaman
1.
Peluang :
Peluang usahanya cukup tinggi,
karena cuaca ekstrim yang sedang terjadi serta bahan yang digunakan berasal
dari herbal sehingga tidak menimbulkan efek samping.
2.
Ancaman :
Banyak
lipgloss dipasaran dengan berbagai variasi aroma dan rasa.
BAB
V
PENUTUP
- Kesimpulan
dari produk ini adalah bahwa “MELOBITGLOSS”
ini merupakan produk pelembab bibir yang kaya akan vitamin serta
memberikan sentuhan warna alami dari buah bit yang pada umumnya digemari
oleh konsumen, khususnya remaja perempuan karena bahannya yang terbuat
dari bahan herbal yang tidak menimbulkan efek samping, memiliki peluang
yang cukup besar untuk dikembangkan sedangkan untuk resiko yang tak diduga
dan kelemahan dapat diatasi seiring dengan berjalannya waktu.
- Maka
dari itu kami akan terus berusaha membuat produk ini menjadi lebih
efektif, menarik dan tidak beresiko tinggi agar terus dicari oleh konsumen,
terutama kalangan remaja .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar